Galang Perdamaian Suporter dari Malang

Sembilan rangkaian acara besar telah disiapkan panitia silaturahmi suporter se- Indonesia yang terpusat di Stadion Gajayana, pagi ini. Di antaranya apel akbar gerakan anti narkoba nasional, festival band suporter, konvoi suporter, bazar khas Malang, extreme sport, Malang Super Fight, dialog dengan Menegpora, Fun Soccer, dan deklarasi Indonesia Damai II.

Beragam rangkaian yang dikemas dalam even bertajuk Indonesia Damai II tersebut dipastikan kian bermakna. Karena Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault sudah bersedia untuk mengupas secara tuntas dunia olahraga nasional, khususnya tentang sepak bola. Menteri asal Banda Aceh tersebut juga dijadwalkan memberangkatkan konvoi ribuan supporter usai digelar apel akbar anti narkoba di Stadion Gajayana.

Bersama Menegpora, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, dan Pjs Gubernur Jatim Setia Purwaka juga berbaur dengan ribuan suporter dari 64 perwakilan se-Indonesia.

Namun secara khusus, Kapolri selaku ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) lebih menekankan pada kampanye anti narkoba. Karena itu tidak hanya supporter yang terlibat dalam apel akbar hari ini, tapi juga ribuan pelajar akan dikerahkan untuk bersama-sama perang terhadap narkoba.

Hadi Santoso, wakil dari Ad Production, penyelenggara Indonesia Damai berharap, supporter tuan rumah baik Ngalamania maupu Aremania bisa memperlakukan tamu dengan baik. Artinya, supporter tuan rumah tidak sampai merusak rangkaian acara Indonesia Damai dengan ulah tidak bertanggung jawab. Apalagi ajang silaturahmi ini adalah dalam upaya menggalang perdamaian bagi seluruh suporter sepak bola Indonesia. “Pokoknya kami harus bisa menjamin bahwa semua akan berjalan lancar. Konvoi juga harus tertib dan tidak ada sedikit pun tindakan anarkhis,” tegas pria yang akrab dipanggil Soni ini di Gajayana, kemarin.

Selain itu, selama konvoi nanti, suporter harus tetap menjaga etika di jalan. Tentunya dengan memenuhi standar lalu lintas seperti memakai helm. Dan untuk menambah kreasi suporter di jalan, suporter yang konvoi dianjurkan menggunakan kostum yang paling kreatif dan unik. “Yang penting semua tertib di jalan. Kita juga memohon maaf kepada warga Malang khususnya pengguna jalan jika hari ini perjalanan terganggu,” imbuh Ade Herawanto, penggagas acara.

Untuk menambah nilai silaturhami bermakna, panitia juga sudah menyiapkan satu deklarasi suporter yang nantinya akan ditandatangani oleh perwakilan kelompok suporter yang hadir. Juga kemungkinan akan disiapkan surat terbuka dari supporter yang diharapkan bisa dijadikan pedoman Mengepora demi perkembangan olahraga tanah air. (abm/sumber: Jawapos)

Tags: ,

2 Responses to “Galang Perdamaian Suporter dari Malang”

  1. romi Says:

    hidup indonesia……..
    salam satu jiwa A…R…E…M…A
    1. apa acara indonesia damai menjadi agenda tetap? karena diharapkan dapat memberi kesadaran pada supporter2 supaya lebih dewasa.
    2. dimana diselenggarakan acara indonesia damai tiap tahunnya?

  2. boro mania | Ghosong's Blog Says:

    […] Galang Perdamaian Suporter dari¬†Malang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: