Bonek pun Bergandengan Tangan

Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II dipusatkan di Stadion Gajayana kemarin, berlangsung semarak. Beberapa hal penting dicapai dari pestanya suporter se-Indonesia ini. Termasuk ikrar tidak ada lagi kerusuhan antar suporter bola. Yang menarik lagi adalah, hadirnya perdamaian antara komunitas suporter Persebaya yang dikenal dengan istilah Bonek dengan Aremania dan Ngalamania

Perwakilan Bonek tampak antusias hadir dalam acara yang berlangsung sejak hingga tadi malam. Mereka juga bisa berdampingan dengan Aremania, suporter yang selalu menjadi musuh bebuyutan, dalam acara yang dimeriahkan sederetan acara hiburan ini.

‘’Kami mendapat undangan langsung dari Aremania untuk hadir. Karena sudah mendapat undangan, kami harus menyambutnya dengan datang ke Malang,’’ ungkap Imron, Koordinator Bonek Yayasan Suporter Surabaya (YSS).

Dipaparkan juga, Aremania juga datang ketika YSS mengundang dalam acara pertemuan antar suporter di Surabaya beberapa waktu lalu. Kedatangan itu sebagai balasan atas kehadiran Aremania yang sudah datang memenuhi undangan YSS. ‘’Kami datang bersama 10 orang dari YSS, sejak tadi pagi kami sudah tiba di Malang,’’ urainya.

Didampingi beberapa rekannya, Imron mengakui bahwa antara Aremania dengan Bonek memang pernah memiliki catatan kelam. Apalagi, sekitar tahun 1990-an, adalah masa kelam bagi dua suporter dari Surabaya dan Malang. ‘’Saat itu kalau ketemu di jalan, pasti satu sama lain langsung memukul atau menghindar,” kenang mereka.Tapi berkat kegiatan Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II di Malang ini sekarang antara Aremania dan Bonek sudah berhasil rukun.

Menariknya, selain perwakilan Bonek, Manajer Persebaya Indah Kurnia juga hadir dalam Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II yang diikuti ribuan suporter se-tanah air ini. Manajer wanita berambut pendek ini langsung disambut Manajer Tim Persema Ir Hadi Santoso di depan Stadion Gajayana.

Soni, sapaan akrab Hadi Santoso, dan Indah kemudian saling bertukar cendera mata di depan Bonek dan Aremania dan mendapat aplaus meriah hadirin. Soni sempat memberikan syal dan CD berisi album grup band supporter d’Kross tentang lagu-lagu untuk mendukung Arema.

Sementara itu Manajer Persebaya memberikan CD berisi konser menyanyikan 700 lagu tanpa teks yang berhasil memecahkan rekor MURI tahun 2007 lalu.
‘’Saya mendapat jaminan dari Pak Soni bahwa akan aman ketika datang ke Malang. Kami benar-benar merasakan keamanan setelah berada di sini,’’ ungkap Indah yang juga politikus PDIP ini.

Dia menginginkan perdamaian antara Aremania dan Bonek bukan sekadar terjadi dalam acara silaturrahmi supporter Indonesia Damai II saja. Sebab dia menginginkan Aremania dan Bonek ada dalam satu stadion jika Arema akan bertemu Persebaya.

‘’Setelah pulang dari Malang, saya akan bicara dengan orang-orang Persebaya dan suporter. Bahwa Surabaya harus bisa menjadi tuan rumah yang baik seperti kami terima di Malang ini,’’ tegas Indah.

Dalam Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II, suporter seluruh Indonesia kembali melakukan ikrar. Mereka berjanji tidak akan ada lagi kerusuhan antar suporter dalam pertandingan sepak bola di Indonesia.

Ikrar Indonesia Damai itu dilakukan sebanyak dua kali dalam acara yang dimulai pagi hingga tadi malam. Ikrar pertama dilakukan seusai dialog antara suporter, pejabat Malang Raya, Kementerian Pemuda dan Olah Raga di MOG lantai III. Sedangkan ikrar kedua dilakukan dalam acara hiburan sekaligus acara puncak di Stadion Gajayana, semalam.

Saat di MOG, petikan ikrar dibacakan oleh budayawan sekaligus tokoh bola Anto Baret. Mereka berjanji menjunjung tinggi nilai sportivitas, anti anarkis, bersama, bersaudara dalam semangat satu jiwa, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

‘’Kami suporter Indonesia, menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, anti rasialis, dan anti anarkis. Kami suporter Indonesia, bersatu, bersama dan bersaudara dalam semangat satu jiwa. Kami suporter Indonesia, siap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,’’ tegasnya.

Semua perwakilan suporter yang hadir ke Malang menirukan ikrar yang sudah dibacakan tokoh Aremania Batavia itu. Komunitas suporter yang ada itu antara lain Aremania, Ngalamania, Bonex Surabaya, The Lasak Pasuruan, Gengster Jember, Jinggomania Probolinggo, YSB Blitar, Persinga Ngawi, Bonek Madiun, Benteng Viola Tangerang dan Ultras Gresik.

Kemudian hadir pula Banaspati Jepara, Suporter Pontianak, Kabomania Bogor, Slemania Sleman, Persiku Kudus, Suporter Maros, Panser Biru Semarang, Snex Semarang, Pasoepati Solo, Paserbumi Bantul dan Roban Mania Batang.

Tidak ketinggalan pula Simo Lodro Magelang, Suporter Gorontalo, Semen Padang, Laros Banyuwangi, Pusamania Samarinda, Balistik Balikpapan, Persipur Purwodadi, LA Mania Lamongan dan The Jakmania Jakarta.

Penggagas Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II, Ir Ade Herawanto MT mengatakan puas karena kegiatan berlangsung sukses. Apalagi kegiatan ini dihadiri hampir seluruh perwakilan supporter se-Indonesia. Dari Aceh hingga Papua.

‘’Mereka sangat antusias datang ke Malang guna menghadiri acara ini. Sebagian dari mereka juga mengeluarkan biaya tidak sedikit agar bisa hadir dalam Silaturahmi Suporter kali ini,’’ paparnya. (feb/mg-1/nug/febry) (sumber: MalangPost)

Tags: , , , ,

58 Responses to “Bonek pun Bergandengan Tangan”

  1. Revan kalimantan Says:

    Salut aq rek lek arema karo bonel iso bersatu, lalekno jaman biyen, saiki lair maneh dadi wong anyar,
    aku teko malang koncoku suroboyo merantau neng kalimantan dadi kuli yo ra ono ribut,mergo podo sak nasib,sak jatim,yo kpengen iso urip enak, opo suporter g iso koyo aq kr koncoku iku

  2. kERA nGALAM Says:

    hMM Apik iku…Boleh boleh…daripada tarung terus sing gak jelas lebih baik damai.Aku masio arek malang 100% fanatik karo Arema tapi konco2ku yo akeh arek suroboyo,kediri pasuruan..wis mulai dino iki Arema karo bonek koncoan..Salam 1 jiwa A…R…E…M…A

  3. sabdalangit Says:

    SELAMAT !!!
    Semoga kedamaian negeri ini terwujud berkat contoh yang telah saudara-saudara pecinta sepak bola lakukan. Kekerasan dalam masyarakat dan agama hendaknya dapat mencontoh sikap kesatria anda, seperti yg anda tunjukkan dalam dunia sepak bola.

    http:///sabdalangit.wordpress.com

    membangun bumi nusantara yg berbudi pekerti luhur
    “biarkan spiritual anda bebas menjelajah rahasia alam gaib”
    menyaksikan kebesaran Tuhan.

  4. Poniman Says:

    Aq teko suroboyo!
    Nduk endi2 aq ngomong lek aq bonek tp aq g tau oleh mungsuh opo maneh kro aremania! Malahan tambah akeh koncoku sing aremania!
    Saiki sopo maneh kiro2 aremanita dadi kancaku?

  5. rudyhilkya Says:

    salam kenal, semoga penggemar bola seluruh Indonesia bisa meneladani jejak anda dan rekan-rekan :D

    ijin menautkan blog anda ini

  6. johanesp Says:

    Selamat buat nawak-nawak Aremania n Bonek..
    Lupakan masa lalu, mari bergandengan tangan. ndak ada lagi suporter anarkis. Bersama kita dukung persepakbolaan Indonesia..
    SALAM SATU JIWA.!!

  7. Bambang Sriwijonarko, S.Ip Says:

    Nah gitu dong……
    Gimana Sepak bola kita mau maju kalo berantem melulu…
    Salut deh Buat Bonek

  8. chiw Says:

    ah, semoga mereka yang tak datang juga berfikiran sama dengan mereka yang datang…

    dan kegiatan semacam ini tak hanya menjadi kegiatan berbau politis semata…

  9. malik Says:

    semangat silaturrahmi sudah seharusnya dibarengai dengan kinerja PSSI yang profesional. jangan sampai spirit suporter yang mengidolakan persaudaraan diboncengi dengan kepentingan-kepentingan yang tidak menguntungkan siapapun. semoga dengan semangat dmai indonesia persepakblaan indonesia jadi dewasa, sportif,
    salam satu jiwa
    malik.arema@gmail.com

  10. jiwaBONEK Says:

    salam SATU HATI DALAM DAMAI dari BONEK UNTUK SELURUH SUPPORTER INDONESIA

    jika perdamaian arema dan BONEK memang benar adanya… salut untuk bonek semuanya… yang mau terima tawaran perdamaian itu…. kalian (BONEK) tlah menujukkan jiwa kesatrianya…. dan MEMANG BONEKlah yang the bast supporter INDONESIA, karena hujatan dan makian yang slama ini menimpa BONEK yang ditanggapi dengan kesabaran tlah membuahkan hasil yang manis… bagi seluruh supporter INDONESIA.

    BONEK kaulah cikal bakal supporter INDONESIA
    dulu kau ajari kami berbuat ANARKI kini ajari kami untuk berdamai dan bernyanyi… bersama – sama.

    BONEK untuk semua kita sodara – BONEK untuk semua kita sodara.

    DAMAI BUKAN HANYA SEKEDAR JUDUL SAJA

    salam 1 hati dari BONEK untuk semua.

  11. Mr.ijo Says:

    Ngampek tuek elek arek suroboyo gak bakalan damai karo arek malang.. Soalnya permusuhan ini dah mendarah daging di hati para bonek mania

  12. Aremania_Majalengka Says:

    Persinga Ngawi,…..wah, ternyata persinga Ngawi ikut kemarin ya…??
    salut to Ngawi………ayo Persinga Ngawi…tiru kejayaan AREMA n AREMANIA…

  13. siswoko Says:

    Gak da BONEX pun AREMANIA tetap yg terbaik,BONEK jok cuma bicara tpi tunjukkan klo mang kalian punya kreatifitas sperti AREMANIA. bonex jok cma bangga punya darah & jiwa GEMBEL!!!!

  14. korowelang9 Says:

    hai mr.ijo…kalopun sampeyan sih ngomong gitu gpp.tapi lek iso marenono.soale wes dgn lapang dada kami AREMA msh brusaha ngilangin sakit ati ama bonex2 sing JANCUKAN.ono kok sing bonex apik…

  15. xonom Says:

    Terbangkan,…… semua masa lalu …….. Kelam,…
    Dan…… Bersama Kita Sambut Hari Esok,….
    Tuk Duduk Berdamping-an,
    Nikmati,… Liukan Pejuang2,… Sejati !!!!
    Menuju TANGGA JAWARA dengan…..
    SPORTIFITAS TINGGI

  16. Bonek Suroboyo Says:

    Mr. Ijo iku bonek gadungan, koen suroboyo endi ? sampek elek tuek, nang suroboyo nggak ono istilah “Ngampek” ……. ojo nggawe kisroh opo maneh atas nama bonek. Salam damai buat suporter Indonesia tak terkecuali Aremania. Terima kasih atas sambutannya di malang kemarin.

  17. hyl_mY Says:

    Aremania karo bonek iku suporter terbesar d NKRI, semua orangpun mengakui pasti!!! jadi klo aremania karo bonek bersatu maka ayas yakin smua suporter laen pasti ikut barsatu dan damai!!!!

    “SALAM SATU JIWA TO ALL AREMANIA AND SALAM PERDAMAIAN TO BONEK”

    “”””””””””””PEACE IS BEAUTIFUL”””””””

  18. hyl_mY Says:

    Mr Ijo!

    Ndang tobat’to po’o cak….cak!!!!!

    “Iki jaman moderen wis duduk jaman jahiliyah maneh”

  19. CAKMUJIBONEX Says:

    Buat Bonek atau Aremania, buat yang garis keras, garis lunak, garis lembek atau apalah…..
    Yang terpenting kalau dasarnya masing-masing punya etikat baik, InsyaAllah semuanya akan terlaksana. Tak perlu diributkan lagi. Saya yakin yang mengundang itu patut kita hargai sebagai bentuk kepedulian yang tinggi sementara yang diundang meski pernah bermusuhan juga layak kita hargai karena bagaimanapun dia dengan legowo mau datang dengan segala konsekuansinya. Tinggal bagaimana melanjutkan komitmennya masing-masing. itu yang penting. Saya harap nggak perlu lagi ada polemik disini karena rawan profokator. bukan bermaksud membungkam komunikasi tapi sebaiknya yang berkomentar “ngawor” di delete aja. Supaya suasana tetap kondusif dan ikrar itu nggak dimanipulasi oleh orang yg bersebrangan. sehingga tujuan mulia keduanya bisa terwujud

  20. sam-darda Says:

    salam 1 jiwa..
    nawak2..jangan mudah terprovokasi dengan oknum bonek.. kita semua sodara..lupakan masa lalu.. lek ncen sik ono bonek sing koyok ngono ledome jarno ae.. yang penting kita tetap baik ma mereka.. Pengeran eruh sopo sing salah, sopo sing bener..
    buat bonek, thx udah ke Malang.. inget, kita sodara.. udah gak jaman kekerasan.. salut wad bonek.. semoga bonek bisa memperlakukan aremania sperti aremania memperlakukan bonek saat Indonesia Damai..
    salam 1 jiwa..
    viva arema..

  21. Satanos_Singo Says:

    wis ta lah, gak usah rame2 nang kene, lek wis damai yoo damai, taon ngarep semoga persebaya melok ISL, kan engku iso ketemu ambek AREMA. naaahhh di saat itulah akan terbukti, apakah perdamaian itu dapat terlaksana. amin!!

    AREMA DUNIA AKHIRAT…!!!

  22. JIWABONEK. Says:

    HANYA SATU KATA HANCURKAN PSSI SEKARANG JUGA……

    BUAT KAWAN2 SUPPORTER DISELURUH INDONESIA…..
    KITA MASIH PERLU BELAJAR JADI YANG LEBIH BAIK LAGI…

    DI SINI G ADA YANG TERBAIK DAN G ADA YANG TERBURUK…
    YANG HANYA ADA MARI KITA SEMUA JADI YANG LEBIH BAIK LAGI.
    KARENA PERJALANAN MASIH JAUH…. MASIH TERLALU DINI TERNYATA JIKA KITA BILANG YANG TERBAIK BAGI SUPPORTER MANAPUN!!!!..

    KITA SEKARNG HANYA BISA BELAJAR DAN BELAJAR…

    BUAT TEMEN2 BONEK KRITIKAN DAN SARAN ATAU PUN HUJATAN … ITU MERUPAKAN PINTU UNTUK MENUJU SEBUAH KEBAIKAN….

    PISS N LOVE DAN SALAM SATU HATI UNTUK SEMUA BAIK AREAMA MAUPUN YANG LAINNYA.

  23. aremania peace Says:

    aq orang malang asli kerjaku di surabaya dan banyak kenal anak sby,,,ternyata aq salut bwt anak2 bonek,,,,mereka jg banyak yg ingin baersatu sama aremania,,,,jd kl ada yg profokator di anatara bonek dan aremania…aq yakin mereka bukan suporter,tapi pencopet,,kyak mr ijo iku

  24. jeepunc ganteng Says:

    ayas secara pribadi salut atas kesusksesan Indonesia Dami 2, tapi semoga saja memang BENAR-BENAR seperti ikrar yang diucapkan dan satu lagi semoga gak ada UNSUR POLITIK dalam hal ini

    salam satu jiwa – arema – aremania

    @poniman
    man … ayo ngopi maneh ndeng

  25. Aremania dampit Says:

    Salam satu jiwa untuk para suporter se-Indonesia terutama para AREMANIA…..

    Salut buat para suporter2 Indonesia terutama pada AREMANIA, BONEK dan THE LASAK yg skrng sudah bisa rukun kembali….

    AREMANIA cinta damai….

  26. Aremania dampit Says:

    Salam satu jiwa untuk para suporter se-Indonesia terutama para AREMANIA…..

    Salut buat para suporter2 Indonesia terutama pada AREMANIA, BONEK dan THE LASAK yg skrng sudah bisa rukun kembali….

    AREMANIA cinta damai….

  27. Aremania dampit Says:

    gak’e ker mr ijo iku sopo se…????

    tak dungakno prsby thun ngarep iso ublem ISL soale iku osi nunjukno sportifitas lan wujud damai antara AREMANIA lan BONEK MANIA…

    Amiiiiiiieeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnn…

  28. bonek_ bomber Says:

    cobaen cara iki, suporter bonek ambek arema urunan nggawe bendera ato syal sing tulisane bonekarema satu hati, spt viking itu trus dipasang d setiap pertandingan d lapangan, biar seluruh suporeter level bawah tau, soalnya pnhglman bonekviking spt itu

  29. madiun punya Says:

    aq cah madiuna… salut buat perdamaian aremania-bonek…semoga pasca ikrar damai di malang tak hanya damai dengan suporter malang. tapi juga dengan suporter lamongan…

    warga jatim bersatu…
    bonek madiun

  30. Okimpar Ngalam Says:

    TEMPUR AE WEZZZZ……

    OPO JARE AREK MBURI ………..

    ATASANE OYOB ANGOB ae……

  31. jiwabonek Says:

    masudte opo cak…..????

  32. lahi gicci Says:

    musuhan terus opo gak pegel awak iki rek? karo lek koen podho iku musuhan enthuk opo? cok iku

  33. aremania gariskeras Says:

    aq iki antipati end benccci pool karo bonekmania,tapi saiki aq sadar saiki gawe opo musuhan aq bangga karo bonekmania ternyata koen dhuwee jiwa besar.
    sampi saiki bojoku yo wong bonekmania.

    gawe mr. ijo lek raimu gateli ngak pho2 bonekmania ngak awakmu tho
    bonekmania sik apik yo akeh
    aq pinggin bonek karo bonek dadi siji ke stadion
    salam bonekmania dari aremania garis keras
    damai bagimu

  34. adit BoneK Says:

    Hidup PerdaMaian…
    nek ate tarung yo gk usah dadi suporter bal2an,, meluo tinju ae cok…
    ojok dadi proVokatoR….wss.

  35. dika Says:

    bonekarema keren q cah rembang salut karo suporter jwa timur kecuali boromania

  36. bowi viking Says:

    salut buat bonex ama aremania ….

  37. BONEK CNTA DMAI Says:

    Q BONEK LIAR,,YO MNG LBIH APIK AREMA-BONEK JDI SDLUR,,GWE PO GEGER GK NOK UNTUNGE,MLA NGERUGIKNO AWAKE DWE,,,,,SLAM DMAI SPORTER JWA TIMUR,,TK NTENI KDATNGMU DI GELORA 1O NOVMBER,,BONEK LIAR

  38. Bonek Ngalam Says:

    kerja & cari makan di malang,tapi aku arek suroboyo asli,100% dukung perdamaian Bonek – Arema,kalo bisa kita buat syal ” Bonek arema ” ato buat tulisan di baju “arema – bonek 1 jiwa”,wis ta lha cak,aku yakin arek2 sing liar2 pasti ngerti kabeh & kalo bisa buat spanduk besar bertuliskan ” Arema – Bonek tidak kemana – mana tapi ada di mana – mana ” iku malah tambah sip cak,wis ngono ae cak saran ku.

    SALAM 1 HATI DARI REPPUBLIK BONEK MANIA

  39. ibeng Says:

    jangan menyerah bonek……..////

  40. do'i fonnie_ Says:

    damai itu indah!
    love u arema_

    bt yg laen salam satu jiwa!

    plur_

  41. criz rb persib garis keras Says:

    no anarcy no tauran no rasisme just good foot ball!!!
    damai itu indah sob!!!

  42. ahlihipnotis Says:

    Bonek tidak boleh pantang menyerah

  43. putri bonita sopan Says:

    jujur… aku bukan asli orang surabaya, melainkan asli jateng… tapi kenapa aku salut bgt sama bonek… karena saking salutnya aku sama komunitas bonek, aku jd memberanikan diri menyebut bahwa diriku bonita…. mereka sangat kompak… ibarat ada yg satu sakit, semua mau merasakan sakitnya, sebaliknya jika ada d antara mereka yg sedang suka, pasti mereka saling berbagi suka… pkoknya salut bwt bonek… menurutku bonek mau kug d ajak damai… aku yakin itu…. sekali lagi dengan bangga ku teriakkan majukah persebaya dengan bonek sebagai pengiringmu….!!!

  44. riri Says:

    Kita Lihat Aja DIpERTANDINGAN sLANJUTNYA bONEK – AREMA>>>
    Skarang masih belum waktunya ma’af-ma’af an…
    Mkane OJOK KAKEAN GAYA TA AREMA JANCOK….
    uNtuk sMUANYA jANGAN jADIKAN aJANG politik jiwa para bonek….
    Paling,, Sing KOEN pIKIR dUIT & POPULARITAS tOK…
    bONEK dAMAI kARO aREMA pODO kARO menghapus kata “jancok” di jatim
    Salam bONEK DIAM menakutkan Bergerak Mematikan….

  45. Shofy BANASPATI Says:

    BANASPATI DATANG. . .
    Karena Kami Si BANASPATI. . .!
    Salam Damai. . .!!!

  46. Aufal Si BANASPATI Says:

    Dimana – mana di juluki BANASPATI, karena Kami si BANASPATI. . .!

  47. Sinta Si BANASPATI Says:

    BANASPATI – BONEK Kita Saudara. . .

  48. Aulia Sang JETMAN Says:

    JETMAN – BANASPATI Kita Saudara. . .

    JETMAN – JAK MAN Kita Saudara. . .

    JETMAN – Singamania Kita Saudara. . .

    JETMAN – Aremania Kita Saudara. . .

    JETMAN – Viking Kita Saudara. . .

    JETMAN – BONEK Kita Saudara. . .

    JETMAN Saudara Semua Supporter . . .

  49. Lina Si BONEK Says:

    BONEK – BANASPATI Kita Saudara. . .

    BONEK 100% ANTI BIRU. . .!

    AREMANIA, VIKING, SNEX

  50. adi Says:

    ea g2 donk,,.,,
    arema bisa damai thama bonek. moga seopak bola ,ina bisa jadi lebih bagus….
    cayoooo….
    sasaji….
    aremania blitar…….

  51. mahid leovinek Says:

    aq se7 dg adanya perdamaian antara bonek dan aremania….
    qt smua ni swdara pa lagi se jatim bwt apha musuhan jdi swdara lebih baik….
    ju2r aq dah lelah musuhan ma smua sporter yg jdi musuh bonek….
    aq ingin ada perdamaian dari smuanya…….
    damai itu indah…….
    salam damai dari bonek bwt aremania dan smuanya……
    salam 1 nyali dari bonek WANI…..
    qt smua 1hati…..

  52. The L4554K Says:

    Assalamu’alaikum sodara-sodaraku…….

    akhirnya….yang aku idam2kan selama ini terwujud juga
    AREMANIA,BONEX,SAKERA,JACK,VIKING yang dulunya bermusuhan
    sekarang berdamai……

    tuk Mr. ijo,,jok dadi provokator boz….
    lek wani..teko wae nang bumi sakera…
    tak edel2 lambemu….

  53. The L4554K Says:

    wes……..wes………..wes………
    Podo JATIM tawuran….
    Podo JATIM Musuhan…
    Podo JATIM Baco’an

    mosok gak pingin rek koyok suporter negoro maju koyok inggris…
    enak lho lek iso nonton bareng…..

    tolong konco2 BONEX, AREMA, BANASPATI, JACKMANIA, LA Mania serta suporter yang lain….jangan terpengaruh dengan adanya kalimat provokasi….

    karena provokasi itu adalah budaya orang2 tak berpendidikan…

    Thanx buat Semua AREMANIA yang telah menerima kami dengan semangat PERSATUAN SUPORTER INDONESIA….

    kami juga mohon maaf atas kejadian di MADIUN….

  54. satu jiwa Says:

    salam satu jiwa utk semua suporter indonesia…………………………………………………………..

    by LANA(LA MANIA)

  55. boro mania | Ghosong's Blog Says:

    [...] Bonek pun Bergandengan Tangan [...]

  56. adi Says:

    SALAM SATU JIWA

  57. riski Says:

    hm.. ayolah rakyat janga tukaran terus,, damai lah… berpa bnyak lagi nyawa akan melayang gara” sepak bola,,, kita satu nusa dan satu bangsa… cuma itu pesan gua,,,

  58. Bali Diving Says:

    I visited several websites except the audio quality for audio songs
    current at this web site is actually fabulous.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: