Sepakbola Tak Boleh Mati


Berita menggembirakan bagi tim-tim sepak bola mantan perserikatan, termasuk Persema. Sebab mereka tetap berpeluang mendapatkan kucuran dana dari APBD untuk mengikuti musim kompetisi tahun 2009 mendatang. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri dan Menegpora saat ini sedang menggodok Surat Keputusan Bersama (SKB) mengenai dibolehkannya pemakaian dana APBD untuk pembinaan sepak bola. Termasuk untuk mengikuti kompetisi. Kepastian ini diungkapkan Sekretaris Menegpora, Drs Wafid Muharam MM usai dialog bersama suporter seluruh Indonesia yang mengikuti Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II di MOG kawasan Stadion Gajayana, kemarin.

Hadir pula dalam dialog bertajuk pendanaan klub sepak bola yang dihadiri perwakilan suporter se-Indonesia adalah Ketua PSSI Jatim Haruna Sumitro, Wali Kota Malang, Drs Peni Suparto MAP, Bupati Malang, Sujud Pribadi dan budayawan Anto Baret. Dialog, dipandu langsung Husnun N Djuraid, Redaktur Senior Malang Post.

‘’Kami sudah melakukan pertemuan beberapa kali dengan pihak Depdagri membahas APBD ini untuk anggaran olah raga. Kalau sudah siap, nanti akan ada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menegpora dan Mendagri,’’ ungkap Muharam yang ditugasi mewakili Menegpora Adhyaksa Dault karena ada kepentingan mendadak.
Ditegaskan, bahwa Menegpora dan Mendagri tentu tidak akan gegabah membahas pendanaan sebelum mengeluarkan SKB. Pembahasan perlu dilakukan secara detil karena menyangkut pendanaan dengan menggunakan keuangan negara/rakyat.

Menurutnya, hasil dialog dalam Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II ini akan menjadi salah satu rekomendasi untuk penerbitan SKB dua menteri itu. Hasil itu akan diputar di Jakarta ketika ada pertemuan.

‘’Saya sudah meminta kepada Wali Kota Malang agar hasil dialog ini direkam dalam bentuk CD dan ada keputusan tertulis. CD dan keputusan itu akan menjadi salah satu acuan dalam pertemuan di Jakarta,’’ tegas pejabat yang juga penghobi berat sepakbola ini.

Muharam juga menegaskan, mereka sangat simpatik dengan hasil dialog yang melibatkan berbagai unsur itu. Berbagai kalangan mulai suporter, tokoh bola dan pejabat tampaknya tidak menginginkan sepakbola mati dan menghendaki APBD tetap bisa digunakan untuk pembiayaan.

‘’Pembiayaan APBD nantinya bukan hanya sepak bola karena olah raga lain harus mendapat porsi. Hanya saja, sepak bola harus mendapat porsi tinggi karena olah raga yang paling digemari publik,’’ tandasnya.

Dalam dialog juga terungkap, Indonesia sering ditunjuk sebagai tuan rumah even olah raga internasional khususnya sepak bola karena suporter.

Indonesia baru saja ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia hingga Stadion Gelora Bung Karno digunakan sebagai venue pertandingan final. Setelah sukses penyelenggaraan Piala Asia, kini Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF (dulu Piala Tiger).

Ketua PSSI Jatim Haruna Sumitro malahan mengungkapkan, fanatisme suporter sepak bola Indonesia malahan lebih baik dibanding Jepang, padahal persepakbolaan Jepang jauh lebih maju, baik sarana dan prestasi di banding Indonesia.

Dalam kesempatan ini, perwakilan supporter se-Indonesia kembali mendesak pemberantasan mafia wasit hingga mafia PSSI demi kemajuan sepak bola Indonesia. Mereka adalah pengendali sepak bola sehingga sangat menentukan kemajuan sepak bola Indonesia untuk ke pentas dunia. (feb/nug/febry) (sumber & foto: MalangPost)

Tags: , , ,

5 Responses to “Sepakbola Tak Boleh Mati”

  1. bamz Says:

    SALAM SATU JIWA.
    Semoga pintu damai Aremania-Bonek akan menjadi awal dari awalnya persahabatan erat di antara kedua belah pihak.AMIN.

  2. mukatebal Says:

    yo rek…. bal-balan jok sampek mandek

  3. itang Says:

    SALAM-SALAM BWAT KERA NGALAM,,

    SATU HATI,,
    DARI JAKARTA YG WARNAYA ORANGE,,

  4. itang Says:

    SALAM-SALAM BWAT KERA NGALAM,,

    SATU HATI,,
    DARI JAKARTA YG WARNANYA ORANGE,,

    SEMOGA KITA TETEP JADI SAUDARA,,

  5. boro mania | Ghosong's Blog Says:

    […] Sepakbola Tak Boleh Mati […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: